Translate

10 TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

 Peserta UN Bengkalis 2011 
Seminggu lagi akan segera dilaksanakan Ujian Nasional secara serempak di seluruh Indonesia. Bagi anda yang ingin melaksanakan un, berikut saya akan mengulas sedikit tips menghadapi ujian nasional. Good luck!!.

1. Berdoa
Setelah kita sudah berusaha secara maksimal, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada tuhan. Agar kita bisa diberikan kemudahan dalam menghadapi un pada nantinya.

2. Tenang
Kita juga harus tenang pada saat akan menghadapi un, jangan pernah menganggap un itu adalah beban yang berat. Jika anda beranggapan seperi itu, maka itu akan membuat anda menjadi stres dan takut. Tapi, perlu diingat juga supaya tidak meremehkan un.

3. Belajar Kelompok
Belajar kelompok juga dapat anda lakukan apabila anda kesulitan dalam memecahkan soal. Kita bisa saling berdiskusi dan bisa saling bekejasama dalam memecahkan masalah pada soal yang menurut anda cukup sulit. Bisa saling bertukar pikiran dan bisa pula menguatkan motivasi. Jangan lupa kurangi waktu bermain anda.

4. Baca Dan Latihan Soal
Baca dan baca itulah yang harus kita sering lakukan dalam menghadapi un, jika kita sering membaca pasti otak kita akan ingat dan hapal dengan sendirinya. Perbanyaklah latihan soal, dari soal yang cukup mudah sampai soal yang lumayan sulit, karena jika kita sering latihan soal di rumah maupun di sekolah, kita akan jadi terbiasa menghadapi soal-soal pada saat un. Cari dan kumpulkan soal-soal sebanyak mungkin dari guru misalnya, atau kita bisa cari di internet.

5. Rajin Bertanya
Rajinlah untuk selalu bertanya pada guru atau teman yang anda anggap mampu. Janganlah anda malu atau ragu untuk bertanya. Semakin anda sering bertanya itu semakin bagus.

6. Motivasi Diri Anda
Motivasi diri anda mulai dari sekarang, karena jika motivasi itu sudah anda tanam, maka akan timbul rasa untuk selalu belajar dengan baik dan semangat. Jangan malas dalam belajar dan tanamkan motivasi anda dengan kuat dalam diri anda sekarang.

7. Buatlah Rencana
Anda harus mempunyai rencana dalam menghadapi un, dan anggap bahwa un adalah jalan anda untuk menjadi sukses. Anda juga harus pintar dalam memilah pelajaran-pelajaran yang harus anda pelajari, antara bahan ujian un dari pusat dengan bahan ujian un dari sekolah. Antara bahan ujian dari kelas satu, dua, dan tiga dan pelajaran hitungan dan hafalan tentunya. Sehingga anda dapat pelajari dengan teratur dan sistematis. Karena sistem belajar seperti itu dapat meringankan anda.

8. Proaktif
Proaktif adalah sikap yang beranggapan bahwa diri kita sendirilah, yang bisa menentukan keberhasilan kita. anda harus punya patokan standar minimal nilai sendiri. Sehinnga akan timbul rasa tantangan bukan beban.

9. Efektifkan Belajar Di Sekolah
Pada saat anda datang ke sekolah jangan hanya sekedar hadir, belajarlah dengan sungguh-sungguh, pahami betul semua materi dan penjelasan guru di kelas. Bertanyalah pada guru jika mengalami kesulitan, sering berdialog atau berdebat dengan guru tentang pelajaran di sekolah. Gunakan waktu anda untuk benar-benar belajar.

10. Mohon Doa Restu Dari Orang Tua
Kita harus yakin dan optimis, bahwa kita pasti bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Dan itu akan membuat kedua orang tua kita senang dan bangga terhadap kita. Mintalah maaf dan restu kepada mereka, agar doa mereka selalu menyertai kita dalam mengahadapi un.




 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar